Minggu, 11 Maret 2012

Berbagai Jenis Reptil yang Umum Dipelihara

Memelihara reptil memang merupakan kesenangan tersendiri bagi para pecintanya. Di dunia ini ada banyak jenis reptil yang dipelihara, mulai dari jenis ular, kadal maupun kura-kura. Dari berbagai jenis reptil yang dipelihara manusia, berikut adalah 10 reptil yang umum dipelihara

1. Corn Snake
Corn snake merupakan salah satu ular yang sangat mudah dipelihara. Ular jagung ini memiliki warna dan pola lurik yang sangat menarik. Ular ini boleh dibilang sangat "eye catching". Ular Jagung direkomendasikan untuk dipelihara karena jenis ular ini sangat memiliki tabiat yang tenang dan kalem saat diberi makan. Ular Jagung tidak beracun dan memiliki panjang rata-rata 1,2-1,8 meter dan dapat berumur hingga 23 tahun.

2. Ball Phyton / Royal Phyton
Salah satu jenisular yang banyak dipelihara lainnya adalah ball python. Ular jenis ball python ini memiliki beberapa keistimewaan yang membuatnya banyak diminati sebagai peliharaan. Selain karena warna dan corak ball python yang cantik dan unik, ukurannya pun tergolong pendek jika dibandingkan dengan ukuran python jenis yang lain yaitu hanya sekitar 130cm-180cm. Jika Ular ini merasa terancam atau stress, maka dia segera meringkuk dan melingkar seperti bola.

Lebih lengkapnya mengenai ball python buka Ball Python Ular yang Banyak Dipelihara

3. Leopard Gecko
Reptil ini menjadi peliharaan favorit dengan ciri kulit yang bergelombang. Memelihara jenis reptil ini sangat mudah dan bisa hidup disituasi apapun. Leopard gecko memiliki panjang rata-rata 20-28 cm dan berat sekitar 45-65 gram. Makanan yang disukainy adalah jangkrik dan laba-laba. Untuk memelihara reptil ini diperlukan kehati-hatian yang sangat tinggi karena ekornya mudah putus walaupun akan tumbuh kembali.

4. Bearded Dragon / Pogona
Reptil asal Australia ini bisa dikembangbiakan dengan cara ditangkar. Reptil ini sangat lembut dan ramah. Bearded dragon memiliki panjang 20 cm dengan warna cokelat dan kuning. Reptil ini dinamakan Bearded dragon karena jika jiwanya terancam maka reptil ini akan membentuk sesuatu di lehernya seperti "jilatan api" mirip seperti naga. Memelihara si "naga" memerlukan ruang yang cukup besar. Pogona adalah sebangsa Omnivora, jadi bisa memakan sayuran dan serangga. Reptil ini bisa hidup samapai 10 tahun.

5. Blue Tongue Skink
Reptil yang satu ini mempunyai sifat "easygoing" artinya mudah gaul dan tidak takut dengan manusia. Mengapa dinamakan "Blue Tongue Skink" karena kadal ini memiliki lidah berwarna biru. Tujuan lidah berwarna biru ini untuk menakut-nakuti penyerangnya. Reptil / kadal ini berasal dari benua Australia, panjang tubuhnya sekitar 17-24 inci. Yang unik adalah kadal lidah biru tidak bertelur tetapi beranak, dan termasuk golongan Omnivora yang memiliki ketahanan hidup hingga 20 tahun.

6. Monitor Lizard
Ini adalah reptil peliharaan yang terindah. Lizard yang paling umum ditemukan adalah jenis "Savanah Monitor". Kadal ini bisa dipelihara dan dikembangbiakan dirumah. Lizard adalah sebangsa Karnivora yang memakan tikus yang diberikan seminggu 2 kali. Reptil ini tergolong cerdas, maka diperlukan kandang agar dia tidak melarikan diri.

7. Chameleon
Merawat Chameleon ini harus berhati-hati. Karena hewan yang terkenal dapat mengubah warna kulitnya ini mudah mengalami stress jika situasi tidak sama dengan lingkungan sebelumnya. Stress pada chameleon dapat mengakibatkan kematian. Chameleon tidak suka terlalu banyak campur tangan si pemilik. Jenis Bunglon yang layak di pelihara adalah : Veiled Jackson dan Panther.

8. Russian Tortoise
 Reptil ini adalah mempunyai sifat pemalu dari jenis kura-kura darat lainnya. Kura-kura Rusia ini memiliki panjang tubuh sekitar 6-10 inci dengan tempurung berbentuk bulat. Kura-kura ini memakan gulma dan rumput.

9. Kura-Kura Sulcata
Kura-Kura Sulcata termasuk jenis kura-kura darat terbesar di dunia. Taji dikakinya yang menonjol tidak memiliki fungsi sama sekali. Kura-kura ini sangat mudah dipelihara, dan kura-kura ini memiliki berat rata-rata 80kg. Karena cukup besar maka tidak cocok untuk dipelihara didalam rumah maka penangkarannya harus diluar rumah (taman). Kura-kura ini memiliki tingkat hidup lebih lama ketimbang manusia. Sulcata tergolong Herbivora yang memakan buah-buahan.

10. Red-eares slider (kura-kura brazil)
Red-eares slider turtle atau yang lebih dikenal sebagai kura-kura brazil ini merupakan salah satu jenis kura-kura yang paling banyak dipelihara dan diternakan. Harga kura-kura jenis ini sangat terjangkau jika dibandingkan dengan kura-kura jenis lainnya. Kura-kura brazil dewasa dapat tumbuh hingga ukuran 20-30 cm dan dapat hidup hingga berusia 30 tahun jika dirawat dengan baik.

Bersumber dari kaskus.us  dengan berbagai perubahan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar anda sangat berarti untuk keberlangsungan blog ini. Jika ada kritik, saran, atau pertanyaan, silahkan isi komentar di bawah.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...